ANDALUSIA

(Islam di Maroko – Spanyol – Portugal)

Mengapa sejarah Andalusia?

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, maka semakin banyak cara yang memudahkan para sejarahwan untuk menguak beberapa kejadian-kejadian masa lalu yang menyimpan nilai sejarah tinggi, begitu pula dengan negeri Andalusia ini dimana terdapat banyak nilai-nilai sejarah islam yang yang bisa kita ambil hikmahnya. Disamping itu tak sedikit pula orang yang berlomba-lomba untuk melihat langsung sisa peninggalan-peninggalan yang menjadi saksi bisu atas kegemilangan umat islam dinegeri Andalusia. Apabila anda ada keinginan untuk berkunjung, maka harus mengeluarkan banyak perjuangan, karena belum banyak agen perjalanan yang menyediakan tour ke negeri Andalusia ini. Namun beberapa belakangan ini sudah mulai bermunculan agen perjalanan yang menyediakan layanan tour ke Andalusia, slah satunya adalah Satriani wisata sebagai pelopor dan pembuka jalur wisata ke negeri Andalusia (Maroko – Portugal – Spanyol).

Lalu mengapa Anda harus ke Andalusia?

Karena sejarah Andalusia merangkum lebih dari 800 tahun sejarah islam. Tepatnya dimulai pada tahun 92 H/711 M hingga tahun 797 H/1492 M, atau 850 tahun (Berdasarkan tahun Hijriah) ini adalah fase yang tidak sebentar dari sejarah islam. Tentu saja sangat disayangkan apabila kaum muslimin tidak mengenal rangkaian peristiwa yang mengisi lebih dari 2/3 sejarah islam. Hal lain adalah sejarah andalusia disebabkan karena masanya yang panjang, telah melewati berbagai putaran sejarah yang sangat jelas dan nyata. Selama itu, banya negara berdiri dan menjadi kuat, yang kemudian karena itu pula mereka melakukan penaklukan-penaklukan ke negeri-negeri sekitarnya. Namun ada banyak pula diantara yang menjadi lemah, bahkan tidak mampu lagi melindungi wilayahnya sendiri ataupun bertumpu pada negara lain untuk mendapatkan perlindungan seperti yang terjadi sekarang.

Tidak diragukan lagi bahwan kajian terhadap hal-hal ini akan sangat berguna dalam melakukan analisa terhadap masa depan kaum muslimin.

Peristiwa penting Sejarah Andalusia

Banyak Peristiwa yang Harus Kita Ketahui Penting sekali untuk kita mengenali peristiwa Lembah Barbate; kejadian yang dapat dianggap sebagai peristiwa terpenting dalam sejarah Islam. Bukan saja karena ia adalah peristiwa di mana Andalusia ditaklukkan, namun karena dalam sejarah peristiwa ini menyerupai peristiwa Yarmuk dan Qadisiyah. Meski demikian, banyak kaum muslimin yang sama sekali tidak pernah mendengarkan tentang Lembah Barbate (Wadi Lakka) ini.

Ilustrasi dari pertempuran Barbete (kanan), pertempuran Yarmuk (tengah) & Pertempuran Qodisiyah (kiri)

Penting sekali juga bagi kita untuk mengetahui apakah kisah pembakaran perahu yang dikatakan terjadi pada masa Thariq bin Ziyad itu adalah fakta atau hanya khayalan? Banyak orang yang tidak mengetahui rincian detil kisah ini, dan bagaimana ia terjadi jika itu memang terjadi? Dan jika memang itu terjadi, lalu bagaimana ia bisa tersebar di tengah masyarakat?

Kemudian kita juga harus mengenal; Siapa gerangan Abdurrahman Ad-Dakhil, Sosok yang dikatakan oleh para ahli sejarah, “Seandainya tidak ada Abdurrahman Ad-Dakhil, pasti Islam telah habis tuntas dari negeri Andalusia!”

Kita juga harus mengenal siapa itu Abdurrahman An-Nashir; raja Eropa terbesar di abad pertengahan, raja tanpa tanding. Kita harus mengetahui bagaimana ia dapat sampai ke jenjang yang tinggi seperti itu, dan bagaimana ia kemudian menjadi kekuatan terbesar di duniapada masanya? Begitu pula Yusuf bin Tasyifin, sang panglima Rabbani dan tokoh pada peristiwa Zallaqah; kita harus mengenalnya dan mengetahui bagaimana ia tumbuh? Bagaimana ia dapat mentarbiyah rakyatnya untuk hidup berjihad? Bagaimana ia dapat melakukan hal-hal tersebut? Bahkan bagaimana ia dapat menguasai sebuah negara yang kaum muslimin sendiri pun tidak dapat mencapainya dalam banyak fase sejarah mereka?

Lalu Abu Bakar Al-Lamtuni, sang mujahid yang di tangannya lebih dari 15 negara Afrika masuk Islam. Menjadi penting juga untuk mengetahui tentang Abu Yusuf Ya’qub Al-Manshur, sang penakluk Al-Arak (Arch) yang tersohor; peristiwa yang menghentak benteng-benteng kaum Nasrani, dan kaum muslimin meraih kemenangan yang gemilang.

Penting juga untuk kita mengetahui Daulah Al-Murabithun dan bagaimana ia berdiri. Begitu pula Daulah Al-Muwahidun dan bagaimana ia berdiri. Sangat penting juga bagi kita untuk tahu tentang Masjid Cordova; masjid yang dianggap sebagai masjid yang paling luas di dunia, dan bagaimana kemudian ia diubah menjadi sebuah gereja yang tetap berdiri hingga hari ini. Begitu pula Masjid Sevilla yang harus kita kenal. Sudah sepatutnya pula kita mengenal Perpustakaan Umawiyah, Istana Az-Zahra dan kota Az-Zahra. Seharusnya pula kita mengenal Istana Al-Hamra dan tempat-tempat lainnya yang kini hanya menjadi simbol dan kenangan. Kota-kota itu kini dianggap sebagai kota wisata terbaik di Spanyol yang dikunjungi oleh banyak orang; kaum muslimin maupun non muslimin. Juga pertempuran Al-lqab saat kaum muslimin mengalami kekalahan yang sangat tragis meski jumlah dan persenjataan mereka jauh mengalahkan musuh-musuhnya. Seolah-olah peristiwa Perang Hunain kembali lahir dari tumpukan debu-debu sejarah untuk mengisahkan detil kejadiannya dalam pertempuran Al-Iqab; peristiwa yang dikatakan oleh para ahli sejarah, “Setelah peristiwa Al-Iqab, tidak ditemukan lagi seorang pemuda pun di Andalusia yang layak untuk berperang.” Kita juga patut mengetahui bagaimana Andalusia bisa jatuh? Apa faktor-faktor yang menyebabkan kejatuhan tersebut, yang jika terulang dalam diri suatu umat dari kalangan muslimin, maka ia akan jatuh-tanpa diragukan lagi- sejalan dengan sunnatullah yang telah berlaku.

Kompleks Istana Al-Hamra bersama rombongan tour Satriani wisata

Hasan Tower – satriani wisata

Masjid Cordova – Satriani Wisata

Sesungguhnya sejarah Andalusia dengan lembar-lembarannya yang lebih panjang, lebih dari 800 tahun dapat dianggap sebagai kekayaan yang hakiki, sebuah kekayaan yang sangat besar dalam bidang lmu, pengalaman, dan pelajaran . sangat mustahil dalam artkel ini kita dapat mencakupi semua peristiwa dengan sangat rinci. Namun penulis akan berusaha untuk memberikan informasi tentang sejarah Andalusia ini semaksimal mungkin.

untuk itu, terus ikuti artikel-artikel dari satriani wisata, karena terdapat kesinambungan antara satu artikel dengan artikel yang lain.

Next On ==> Sejarah Penaklukan Andalusia

Satriani Wisata – Tebet

 

Gedung Graha Assuryaniyah, Jl. Kp. Melayu Kecil 3 No.56, RT.5 / RW.9

Bukit Duri Kec. Tebet, Jakarta Selatan, Jakarta – 12840

021-22901175

Untuk Petunjuk Arah Google Maps / Waze

Copyright @ SATRIANI WISATA – 2019 

Open chat
Assalamualaikum, ada yang bisa kami Bantu?

klik tombol chat untuk bantuan langsung dari team Satriani Wisata via Whatsapp
Powered by