SEJARAH AL AQSA

SEJARAH AL AQSA – MASJIDIL AQSHA – MASJIDIL AQSA – AQSO

Masjid Al-Aqsha atau Masjidil Aqsa terletak di Yerusalem Timur, wilayah kota tua. Masjidil Aqsa dahulu adalah Baitul Maqdis, yaitu kiblat pertama umat Muslim. Masjid Al-Aqsa merupakan kompleks masjid yang terletak di Palestina. Keberadaanya sekarang masih menjadi sengketa antara Palestina dan Israel. Kompleks ini menjadi tempat yang disucikan oleh umat Islam, Kristen, dan Yahudi.

Adapun 5 Hal tentang Masjidil Aqsha yang perlu diketahui:

1. Kiblat Umat Muslim PertamaMasjid

Al-Aqsa menjadi kiblat umat Muslim generasi awal, hingga 17 bulan setelah hijrah sampai kemudian dialihkan ke Kakbah Masjidil Haram. Sedangkan menurut kepercayaan Yahudi, tempat yang sekarang menjadi Masjid Al-Aqsa dipercaya sebagai tempat berdirinya Bait Suci pada masa lalu. Masjid Al-Aqsa juga memiliki kaitan erat dengan para nabi dan tokoh Bani Israel yang juga disucikan dan dihormati dalam ketiga agama.

2. Masjid Ke-2 di Dunia

Masjid Al-Aqsha merupakan masjid kedua yang dibangun di dunia sebagaimana hadis Abu Dzar yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan muslim berkata “Aku bertanya, Wahai Rasulullah, Masjid manakah yang pertama kali dibangun?” Beliau menjawab “Masjidil Haram”. Aku bertanya lagi “Kemudian (Masjid) mana ?” Beliau menjawab, “Kemudian Masjidil Aqso”. Aku bertanya lagi “Berapa jarak (pembangunan) antar keduanya ?” Beliau menjawab “Empat puluh tahun” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

3. Pesona Masjid

Pesona Masjid Al Aqso terletak pada desain arsitektur yang memadukan unsur tradisional dengan sedikit sentuhan modern. Masjid ini memiliki 7 buah lorong yang ditunjang oleh tiang-tiang melengkung bergaya hypostyle nave, serta dilengkapi beberapa ruang kecil tambahan di sisi sebelah barat dan timur. Terdapat 121 jendela kaca patri dari era Abbasiyah dan Fatimiyah yang berdiri kokoh hingga saat ini. Sebagian besar ruangan Majid Al-Aqsa didominasi marmer berwarna putih dengan balutan karpet merah yang terlihat anggun. Kubah masjid dulunya terbuat dari batu yang dibangun langsung oleh Abdul Malik bin Marwan. Namun sekarang sudah diganti oleh Azh-Zahir dengan desain terbaru yaitu kayu yang disepuh dengan lapisan enamel timah. Interior kubah dicat mengikuti dekorasi khas era abad ke-14.

4. Tempat Persinggahan Isra Mi’raj

Sesuai yang ada di dalam Al-qur’an Surat Al-Isra ayat pertama, merupakan muzijat dari Allah dan peristiwa terbesar dalam sejarah manusia, ketika Rasulullah dipertemukan langsung dengan sang pencipta. Rasulullah didampingi Malaikat Jibril dengan mengendarai Buraq, berangkat dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha. Di kawasan Al-Aqsa inilah, Buraq itu melintas melalui sebelah dinding barat Masjidil Aqsa. Untuk kemudian menuju Sidratul Muntaha, berjumpa dengan Allah Swt.

5. Tempat Yang Diberkahi

Masjid Al-Aqsa merupakan tempat yang dilebihkan keberkahannya oleh Allah SWT, yang dimaksud dengan diberkahi. Karena kawasan Masjid Al-Aqsa merupakan tempat diutusnya Nabi. Allah berikan kesuburan tanahnya, sehingga menghasilkan aneka tanaman dan buah-buahan, serta barang tambang yang terkandung di dalamnya. Diberkahi pula mata pencahariannya, makanan pokok, dan hasil pertaniannya. Termasuk banyak tanaman, sungai dan kesuburan yang tiada putus.Itulah sejarah singkat ataupun kisah tentang Masjid Al-Aqsa. Dengan mengetahui keutamaan Masjid Al-Aqsa semoga menambah kecintaan kita dan bisa beribadah di masjid yang penuh berkah ini.

Sebagai umat islam, sudah sepatutnya kita ikut memakmurkan masjid-masjid, tak terkecuali masjidil Aqsha yang menjadi salah satu dari tiga masjid yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW untuk dikunjungi. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani, Rosulullah SAW bersabda :


الصَّلَاةُ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ بِمَائَةِ اَلْفِ صَلَاةٍ وَالصَّلَاةُ فِي مَسْجِدِيْ بِاَلْفِ صَلَاةٍ وَالصَّلَاةُ فِي الْبَيْتِ الْمَقْدَسِ بِخَمْسِمِائَةِ صَلَاةٍ – رواه الطبرانى”

“Sholat di dalam Masjidil Haram seperti melaksanakan 100.000 sholat, sholat di dalam masjidku (Masjid Nabawi) seperti melaksanakan 1000 sholat, dan sholat di dalam Baitul Maqdis (Masjidil Aqsha) seperti melaksanakan 500 sholat” (HR. Imam Thabrani).”

Bagi umat muslim yang ingin berkunjung ke masjidil Aqso tak perlu takut dan was-was terkait dengan konflik yang terjadi di palestina belakangan ini dikarenakan kompleks masjidil Aqso adalah kompleks yang dilindungi, kompleks suci bagi 3 agama (Islam, yahudi dan kristen). Mantapkanlah niat untuk berkunjung ke bumi para nabi yang di berkahi Allah SWT serta memakmurkan masjid yang menjadi anjuran oleh Nabi Muhammad SAW. Bersama Satriani Wisata, anda bisa melakukan tour Aqsa & kunjungan ke masjidil Aqsa, serta ziarah ke lebih adari 10 Makam para nabi.

Dokumentasi Satriani wisata – Tour Aqso & Wisata Aqsa

Masjidil Aqsa - Satriani Wisata

Satriani Wisata – Tebet

 

Gedung Graha Assuryaniyah, Jl. Kp. Melayu Kecil 3 No.56, RT.5 / RW.9

Bukit Duri Kec. Tebet, Jakarta Selatan, Jakarta – 12840

021-22901175

Untuk Petunjuk Arah Google Maps / Waze

Copyright @ SATRIANI WISATA – 2019 

Open chat
Assalamualaikum, ada yang bisa kami Bantu?

klik tombol chat untuk bantuan langsung dari team Satriani Wisata via Whatsapp
Powered by